Mengenali BI Checking Sebelum Mengajukan Pinjaman Dana ke Bank

Bagi seorang calon kreditur yang ingin mengajukan pinjaman dana ke bank, mereka harus patuh terlebih dahulu terhadap peraturan BI checking. Karena hal ini sangat mempengaruhi disetujui atau tidaknya permohonan pinjaman seorang kreditur. Tak sedikit pula calon debitur yang merasa kecewa atas penolakan pengajuan kredit hanya karena skor BI checking yang tidak memenuhi syarat.

Lalu, apa sebenarnya BI checking itu?

BI checking merupakan informasi debitur individual yang mana dikenal juga sebagai laporan keuangan dari Bank Indonesia. Dalam BI checking biasanya tertulis identitas debitur, pemilik, agunan, pengurus, fasilitas pembiayaan yang didapatkan, penjamin, serta berbagai macam kolektibilitas yang ada didalamnya. Dari sini juga mereka akan mengetahui lancar atau tidaknya pembayaran cicilan nasabah secara jelas.

Semua informasi itu telah disimpan ke dalam sistem informasi debitur. Bila ada lembaga keuangan yang mengajukan permohonan BI checking, maka data dari sistem langsung diberikan kepada pemohon. Maka dari itulah, jika Anda ingin mengajukan pinjaman berbentuk kartu kredit, sebaiknya perhatikan reputasi BI checking Anda terlebih dahulu.

Pastikan bahwa reputasi BI checking Anda baik dan gunakan kartu kredit dengan bijak. Agar Anda bisa lebih mudah mengajukan permohonan pinjaman ketika sedang membutuhkan pinjaman dana nantinya. Nah, berikut ini akan kami ulas bagaimana cara membangun reputasi BI checking agar bagus dan juga permohonan pinjaman yang Anda ajukan diterima.

Tips Membangun Reputasi BI Checking yang Bagus

  1. Meskipun ada pilihan untuk membayar tagihan minimal 10% dari jumlah tagihannya, namun tetap usahakan selalu melunasi tagihan setiap bulan. Karena pembayaran minimum ini hanya akan membuat sisa tagihan semakin menumpuk. Apalagi saat memasuki bulan berikutnya pasti ada bunga sekian persen. Bisa dibayangkan berapa banyak cicilan pinjaman jika tidak segera dilunasi.
  2. Sangat penting untuk tidak pernah melewati watu jatuh tempo pembayaran pinjaman dana. Setiap bank biasanya menentukan tanggal jatuh tempo maksimal 15 hari dari tagihan yang telah tercetak. Bila didapati tidak ada pembayaran yang masuk dari jatuh tempo, maka angsuran kartu semakin menumpuk. Inilah yang nantinya akan membuat skor BI checking Anda semakin buruk.
  3. Usahakan untuk meningkatkan skor BI checking milik Anda. Karena untuk melihat kualitas kredit nasabahnya, setiap bank pasti melihat sejarah kolektabilitas nasabahnya. Statusnya sendiri terbagi menjadi 5, yaitu lancar, kurang lancar, dalam perhatian khusus, diragukan dan macet. Dari 5 status ini nantinya masih akan dibedakan menjadi beberapa macam peringkat skor.

Lima peringkat skor yang dimaksudkan meliputi skala 1 sampai 5. Skala 1 adalah skor kredit yang lancar. Skala 2 adalah skor kredit dalam perhatian khusus, karena mutasinya tidak lancar dari 1 hingga 2 bulan. Skala 3 termasuk mutasi yang tidak lancar dari 3 hingga 6 bulan. Skala 4 dan 5 adalah skor yang buruk.

Cara Mengecek BI Checking

Penasaran seperti apakah skor BI checking milik Anda? Perlu diketahui, bahwa sekarang ini pemerintah telah memberikan sedikit perubahan terhadap cara mengecek BI checking agar lebih mudah, yaitu menggunakan SLIK di OJK. Jadi, Anda cukup dengan mendatangi kantor OJK secara langsung, atau mendatangi cabangnya pada setiap daerah.

Berdasarkan badan usaha dan kategori perorangannya, cara untuk mengecek BI checking ini membutuhkan persyaratan dokumen. Teruntuk perorangan cukup menyerahkan fotokopi identitas diri asli, seperti KTP. Sedangkan untuk badan usaha membutuhkan beberapa dokumen pendukung yang cukup banyak, yaitu tanda daftar perusahaan.

Kemudian, Akta Pendirian Perusahaan, NPWP Perusahaan, Perubahan Anggaran, KTP Perwakilan Perusahaan, Surat Kuasa yang disertai dengan materai Rp 6.000, -. Bila ingin diwakilkan, maka mereka harus membawa surat kuasa dari KTP pemberi kuasa, KTP penerima kuasa, dan materai Rp 6.000, -. Dengan mempersiapkan semuanya, maka Anda bisa mengetahui berapakan skor kredit Anda.

Dengan adanya BI checking ini juga menjadikan riwayat perkreditan semakin penting dan harus diperhatikan. Karena BI check berguna untuk mengetahui kolektabilitas kreditur. Selanjutnya, setelah mengetahui skor kredit dan ingin mencoba mencari produk pinjaman dana tunai yang bunganya rendah dan cicilannya ringan, silahkan cari informasi nya melalui laman situs https://www.cekaja.com/kredit/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *