Cara Efektif Menebalkan Uang Saku Untuk Mahasiswa Dengan Berbisnis

beberapa cara mahasiswa menebalkan uang saku dengan berbisnis modal kecil hingga besar

Kegiatan seorang mahasiswa umunya adalah kuliah, belajar, berorganisasi dan melakukan kegiatan lainnya yang berhubungan dan bermanfaat dengan perkuliahan. Namun, bagi para mahasiswa, juga tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi seorang enterpreneur loh. Selain bisa mengembangkan bisnis, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari berbisnis dengan modal usaha kecil hingga besar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman besar.

Terlebih, di zaman sekarang, mahasiswa memang dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan sesuatu selain untuk mendapatkan nilai, yakni juga kreatif dalam menebalkan uang saku. Sebagai mahasiswa yang baik, Anda juga harus bisa hidup mandiri tanpa kebergantungan dengan orangtua. Maka dari itu, membangun bisnis mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan yang positif untuk Anda dan masa depan Anda.

Namun, tidak mudah untuk bisa mengembangkan sebuah bisnis. Terutama dalam hal keuangan atau finansial. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan dan mencari peluang bisnis yang bisa Anda jalani. Karena Anda juga harus siap dengan berbagai macam risiko yang biasa dihadapi oleh pebisnis, terlebih Anda masih menjadi seorang mahasiswa. Nah, berikut ini adalah beberapa bisnis tanpa modal hingga bermodal kecil yang cocok dijalankan oleh mahasiswa:

1. Menjual barang secara online

Jika Anda memiliki bisnis dengan cara menjual barang seperti baju atau fashion, sepatu, makanan, Anda bisa menjualnya di toko online. Tidak sulit, Anda bisa membuat toko online sendiri atau bisa juga hanya dengan membuat akun di toko e-commerce atau marketplace.

Jika Anda ingin membuat toko online sendiri, Anda bisa membuatnya di media sosial seperti Facebook atau Instagram, dengan jumlah followers yang lumayan banyak.

2. Berjualan makanan kecil

Untuk mahasiswa yang memiliki jiwa pebisnis, pasti akan memanfaatkan waktunya untuk berbisnis. Segala kegiataan apapun biasanya akan dijadikan peluang usaha. Seperti berjualan makanan kecil di kampus sambil kuliah.

Terlebih, mahasiswa pasti menyukai makanan ringan yang bisa dijadikan camilan saat belajar atau sedang mengerjakan tugas. Sehingga, peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan baik, tanpa mengurangi waktu dan tenaga Anda sebagai mahasiswa.

Anda bisa memilih makanan ringan, misalnya kue kering yang sering dicari para mahasiswa, seperti makaroni pedas, kerupuk kulit, stik keju. Tidak hanya kue kering, Anda juga bisa menjual snack atau kue basah, sepeti lontong isi, pastel, lemper, risol dan lain-lain.

Baca Juga: Buka Usaha? Tak Perlu Lagi Ribet, Mulai Sekarang Juga!

3. Menjual jasa (skill) di internet

Anda sebagai mahasiswa memiliki keahlian lebih? Nah, hal tersebut ternyata bisa loh dijadikan sebagai peluang usaha. Sebut saja, Anda bisa mendesain dari berbagai macam program, programming, penulis, penerjemah bahasa, marketing data entry, hingga copy writer.

Nah, untuk menjual dan mempromosikan jasa yang Anda miliki, Anda bisa melakukannya lewat online. Anda bisa membuat iklan jasa tersebut di media sosial, website atau blog.

4. Membuka jasa les privat

Jika Anda juga memiliki keahlian dalam ajar-mengajar dan kemampuan akademis di dalam satu mata pelajaran tertentu, hal tersebut juga bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Nah, Anda bisa membuka jasa les privat di rumah sendiri, di rumah calon pemakai jasa atau di tempat-tempat les yang sedang membutuhkan jasa pengajar. Anda bisa memasang tarif les yang berkisar anatar Rp. 20 ribu hingga Rp. 150 ribu sekali pertemuan, atau bisa juga dihitung per-jam. Tidak hanya mengajar secara langsung, Anda juga bisa membuka les privat lewat online, karena bisa memudahkan Anda dari segi waktu dan jarak.

5. Menawarkan jasa Event Organizer

Bagi Anda senang dengan kegiatan organisasi di kampus, mungkin dengan menjadi EO atau event organizer cocok untuk Anda. Selain bisa menambah pengalaman, Anda juga bisa menghasilkan banyak keuntungan dari segi finansial.

Biasanya, seorang EO sangat handal dalam mengatur sebuah acara, dari mulai properti, alur, sistem dan lain-lain. Acara yang biasanya menggunakan jasa EO, adalah seperti acara pernikahan, acara konser musik, pameran, ulang tahun, dan masih banyak lagi. Namun, Anda juga tidak bisa bekerja sendirian dalam membentuk sebuah EO. Anda bisa merekrut orang lain atau teman Anda yang juga sama-sama berpotensi dalam hal memegang sebuah acara.

6. Kerja part time di rumah makan atau kafe

 

Jika Anda bisa membagi waktu kuliah dengan kegiatan lainnya seperti bekerja sampingan, mungkin Anda bisa melakukan kerja part time di rumah makan atau kafe. Biasanya, setelah pulang kuliiah, Anda bisa langsung pergi ke tempat kerja.

Anda bisa melamar menjadi waiters, barista, koki, hingga kasir di sebuah rumah makan atau kafe. Usahakan juga Anda mencari tempat kerja part time yang tidak akan mengganggu jadwal kuliah Anda. Sehingga, akademik, pengalaman, dan keuangan tidak berantakan.

Itulah beberapa peluang usaha kecil hingga besar yang bisa dilakukan oleh mahasiswa demi mendapatkan pundi-pundi uang dan juga pengalaman. Meski, jenis usaha yang Anda buat termasuk dalam usaha kecil, pastinya Anda membutuhkan modal usaha. Sebagai mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap, mendapatkan modal usaha bisa saja sangat sulit.

Namun, tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak penyedia jasa keuangan untuk mengatasi masalah para calon pebisnis muda. Di mana Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan mudal? Anda bisa dapatkan dana pinjaman modal usaha hanya melalui online, seperti di Cekaja.com. Anda bisa mengajukan pinjaman dana untuk modal usaha di mana saja dan kapan saja, yang pastinya dengan syarat mudah dan waktu yang cepat. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa klik link berikut ini:

https://www.cekaja.com/small-business-banking/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *